Perhotelan adalah kompetensi keahlian dibawah program studi keahlian pariwisata yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan informasi dan kemampuan tentang akomodasi perhotelan, pengelolaan dan penyelengaraan akomodasi. SMK Negeri 1 Tejakula memiliki Kompetensi Keahlian Perhotelan yang menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang yang berhubungan dengan akomodasi seperti, hotel (kualifikasi melati maupun bintang), apartemen dan sarana akomodasi lainnya baik yang dikelola secara individu maupun yang dikelola dengan manajemen berjaringan. Kompetensi Keahlian Perhotelan menitikberatkan pada Bidang Room Division yang bergerak di dua department yaitu Housekeeping dan Front Office. Di samping itu Kompetensi Keahlian Perhotelan telah bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi SMK Negeri 1 Singaraja yang professional dan telaih dakui BNSP dalam penyelenggaraan Uji Kompetensi.  Program Keahlian Perhotelan memiliki keunggulan dan fasilitas pendukung yang terlampau memadai dalam proses pembelajaraanya. Berikut adalah keunggulan dan fasilitas pendukung dalam proses pembelajaran diantaranya:

  1. Memiliki ruang praktek Front Office, Housekeeping dan Laundry yang dilengkapi dengan peralatan utama dan pendukung yang telah disesuaikan dengan peralatan yang digunakan IDUKA dalam proses pembelajaran.
  2. Didukung oleh tenaga tenaga pengajar yang professional di bidangnya.
  3. Menjalin Link and Match dengan IDUKA
  4. Kegiatan pembelajaran berpusat kepada peserta didik
  5. Uji Kompetensi Keahlian bersama LSP P1 SMK Negeri 1 Singaraja

 

Tujuan Kompetensi Keahlian Perhotelan

Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Perhotelan adalah membekali peserta didik  dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

  1. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Front Office sebagai Reception, Reservation, Telephone    Operator, dan Porter
  2. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Housekeeping sebagai Public Area Attendant, Room Attendant, Order Taker, Linen & Uniform Attendant dan Laundry Attendant.
  3. Menyelenggarakan Pendidikan yang berkualitas, sejalan dengan tuntutan kebutuhan pasar kerja (DU/DI)
  4. Mengupayakan pengadaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan sesuai tuntutan program diklat, untuk mendukung terlaksananya pembelajaran.
  5. Mengupayakan tenaga pengajar yang berkualitas sesuai dengan program keahlian yang dibuka
  6. Mengadakan kerjasama dengan dunia usaha (DU) dan dunia industri (DI) serta lembaga terkait lainnya dalam rangka pengembangan pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan.
  7. Melaksanakan pembelajaran dan pelatihan yang berbasis kompetensi.
  8. Menanamkan sikap profesionalisme yang dilandasi iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  9. Meningkatkan Pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler yang dapat menunjang kemampuan siswa untuk dapat bersaing di Pasar kerja, baik Nasional maupun Internasional

 

A. LATAR BELAKANG

Seiring dengan majunya perkembangan dalam sektor pariwisata di Indonesia, tentunya lulusan sekolah jurusan perhotelan dan jasa pariwisata sangat dibutuhkan. Misalnya dalam bidang Housekeeping, Front office, F&B service lainnya. selain memiliki prospek kerja yang menjanjikan di masa kini dan di masa depan serta bisa berwirausaha setelah lulus, siswa/i akan menjalani proses belajar yang menyenangkan karena memiliki kurikulum berbasis kompetensi, jurusan ini pasti cocok banget buat kalian yg gak betah duduk terlalu lama seperti di kantoran.

Apa itu Jurusan Perhotelan ???

Jurusan Perhotelan aadalah sebuah jurusan yang menerapkan dan mengembangkan pengetahuan dan ketrampilandi bidang ilmu perhotelan atau hospitalit. jurusan ini merupakan kesatuan rencana belajar yang menerapkandan mengembangkan pengetahuan, ketrampilan dan ilmu perhotelan khususnya dalam perencanaan, memproduksi dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau akomodasi, serta food and beverage. 


Nah berikutnya, apa saja yang bakal dipelajari di Jurusan Perhotelan ???

dikarenakan fokusnya adalah pengembangan pengetahuan dan ketrampilan maka gak heran kalau kurikulum ini tidak hanya berfokus pada pendalaman teori saja, melainkan juga praktik dan pengalaman On The Job Training
 

B. STRUKTUR KURIKULUM

BIDANG KEAHLIAN              : JASA PARIWISATA DAN PERHOTELAN
PROGRAM KEAHLIAN         : PERHOTELAN
KOMPETENSI KEAHLIAN    : PERHOTELAN

 

DASAR BIDANG KEAHLIAN

  • Kepariwisataan

 

DASAR PROGRAM KEAHLIAN

  • Komunikasi Industri Pariwisata
  • Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja
  • Administrasi Umum
  • Bahasa Jepang

 

KOMPETENSI KEAHLIAN

  • Industri Perhotelan
  • Front Office
  • Housekeeping
  • Laundry
  • Food and Beverage
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan

 

MUATAN LOKAL

  • Bahasa Daerah
  • Bhs Inggris kejuruan
  • Bahasa Jepang