Jungjung Tinggi Integritas SMK N 1 Tejakula Mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016.

Jum`at, 15 April 2016 07:57:13 - oleh : admin
Rating: 5.8/10 (32 votes cast)
Share |

Jungjung Tinggi Integritas SMK N 1 Tejakula Mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) merupakan sebuah evaluasi terakhir yang harus dilaksanakan oleh setiap sekolah sebelum menamatkan peserta didik khususnya tingkat akhir (Kelas XII). UNBK 2016 serentak dilaksanakan di Indonesia. Mulai tanggal 4 April 2016 sampai dengan 7 April 2016 dilaksanakan UNBK maupun Ujian Berbasis Paper di tingkat SMK, SMA sederajat.

SMK N 1 Tejakula merupakan satu-satunya SMK Negeri di Kabupaten Buleleng yang mengikuti UNBK 2016. Meskipun dilihat dari usia sekolah ini masih muda yaitu baru berusia 7 tahun, namun hal itu bukan menjadi amunisi penurun semangat SMK N 1 Tejakula untuk mengikuti UNBK 2016. Astungkara SMK N 1 Tejakula sudah memapu mengikuti tahap demi tahap pelaksanaan UNBK sampai tahap terkahir yaitu Ujian Nasional yang dimulai pada tanggal 4 April 2016. Tahap-tahap yang sudah dilaksanakan dimulai dari tahap persiapan. Pada tahap persiapan, SMK N 1 Tejakula melengkapi segala keperluan untuk UNBK, yaitu Server dan Komputer Client dengan beberapa persyaratan sesuai dengan yang diinstruksikan.

Tahap selanjutnya adalah Tahap Simulasi. Tahap Simulasi diselenggarakan sebanyak tiga kali yaitu Simulasi 1, Simulasi 2 dan Simulasi 3. Setelah Simulasi, tahap selanjutnya yang diselenggarakan adalah Tahap Gladi Bersih. Tahap demi tahap itu dilaksanakan untuk memantapkan siswa dengan system yang digunakan dan mengukur kesiapan server dan computer client dari segi jaringan dan kemampuan computer. Selain itu, Simulasi dipandang perlu karena untuk mengetahui dan mengukur kemampuan Proktor dan teknisi dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

Dalam proses persiapan, ada beberapa kendala yang dialami khususnya dalam pengadaan dana untuk melengkapi alat-alat yang digunakan untuk server. Mengingat SMK N 1 Tejakula selama ini belum memiliki Server Asli yang khusus digunakan khusus sebagai server. Akan tetapi, semua itu tidak membuat semangat Bapak Wayan Gunastra (Kepala SMK N 1 Tejakula) untuk menyelenggarakan UNBK di SMK N 1 Tejakula. “Walaupun banyak dana yang mesti dihabiskan untuk penyelenggaraan UNBK ini, kita harus melaksanakannya karena ini juga merupakan sebuah tuntutan yang harus dilaksanakan untuk ke depannya. Selain itu, ke depannya juga UNBK akan diwajibkan di masing-masing sekolah. Memang mengawali memerlukan tenaga dan pengorbanan yang maksimal sehingga menghasilkan hasil yang maksimal demi kemajuan sekolah.” Ujar Bapak Kepala SMK N 1 Tejakula.

Terlaksananya UNBK di SMK N 1 Tejakula tidak terlepas dari dukungan masyarakat dan dukungan oleh beberapa pihak. Salah satu dukungan yang diberikan adalah dukungan jaringan internet yang diberikan langsung oleh PT. ICON +. SMK N 1 Tejakula diberikan CSR oleh PT ICON + untuk kelangsungan pembelajaran dan kegiatan lainnya yang menggunakan jaringan internet. Selain itu, kegiatan UNBK mendapat dukungan penuh dari PT. PLN khususnya PLN Kec. Tejakula. PLN Tejakula menyatakan siap untuk menghendel listrik demi lancarnya pelaksanaan UNBK 2016.

Ucapan terima kasih juga terlontar dari Bapak Kepala SMK N 1 Tejakula kepada seluruh panitia, guru, pegawai atas dukungan dan partisipasi dalam menyukseskan seluruh kegiatan UNBK di SMK Negeri 1 Tejakula. Bapak Kepala SMK N 1 Tejakula juga berharap Tahun ajaran baru (2016/2017) pelaksanaan UNBK bisa lebih lancar dan lebih mantap demi kemajuan sekolah khususnya dan kemajuan pendidikan di Indonesia. (Jurnalis Muda Smekensa Tejakula)

 

kirim ke teman | versi cetak




Share |

 Berita "Berita Terbaru" Lainnya

Logo