MOPDB 2015 SMK N 1 Tejakula Berbasis Lingkungan dan Ke-Pramukaan.

Sabtu, 8 Agustus 2015 11:52:32 - oleh : admin
Rating: 6.2/10 (5 votes cast)
Share |

MOPDB 2015  SMK N 1 Tejakula  Berbasis Lingkungan dan Ke-Pramukaan.

Kegiatan MOPDB serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia pada tanggal 27 Juli 2015. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan kesempatan siswa dalam mengenal lingkungan sekolah dan warga sekolah. Kegiatan ini mendapat perhatian penting dari pemerintah khususnya Bapak Menteri  Pendidikan Indonesia. Belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Menteri Pendidikan mengeluarkan beberapa intruksi dan sambutan di hari pertama upacara bendera di sekolah.

SMK N 1 Tejakula merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan kegiatan MOPDB.  Kegiatan MOPDB dilaksanakan dari tanggal 27 Juli 2015 sampai dengan 1 Agustus 2015. Kegiatan yang diancang berbasis lingkungan dank e Pramukaan ini dipimpin langsung oleh Waka Kesiswaan SMK N 1 Tejakula.

Kegiatan MOPDB dilaksanakan selama enam hari.  Empat  hari pertama dari Hari Senin sampai dengan Hari Kamis diberikan materi-materi yang berkaitan dengan SMK N 1 Tejakula, dan cara belajar siswa SMK. Selain itu, dilaksanakan pula cek kesehatan oleh pihak Puskesmas Tejakula atas permintaan dari panitia MOPDB. Hal ini dilaksanakan untuk mengetahui sejak dini kesehatan dan kondisi siswa baru. “Kegiatan cek kesehatan ini akan dilaksanakan berlanjut. Setiap siswa baru akan dicek kesehatannya untuk mengetahui kondisi siswa sehingga bisa dipersiapkan sejak dini trik-trik tertentu ketika anak mengalami gangguan pada jurusan yang dipilih” ujar Made Sukaika selaku Pembina Osis di sela-sela pembagian form kesehatan.

Hari kelima dan hari keenam, siswa baru mendapatkan pelatihan tentang ke-Pramukaan. Kegiatan ini dipimpin oleh Bapak Wayan Supada,S.Pd selaku Pembina Ekstra Pramuka di SMK N 1 Tejakula dan diikuti oleh pembina-pembina yang lain. Selain Pembina Pramuka, ikut serta pula guru-guru yang berkesempatan hadir untuk memeriahkan acara tersebut. Kegiatan Pramuka pada malam hari di buka dengan penyalaan api unggun. Dalam kesempatan itu dijelaskan juga asal usul api unggun. Menurut Kakak Wayan Supada , api unggun dibuat dengan dua alasan yaitu untuk menghangatkan badan dan untuk mengusir binatang-binatang buas. Kegiatan MOPDB ditutup pada hari Sabtu, 1 Agustus 2015.

 

kirim ke teman | versi cetak




Share |

 Berita "PPDB" Lainnya

Logo