MONITORING KINERJA KEPALA SEKOLAH SMK NEGERI 1 TEJAKULA

Sabtu, 3 November 2012 14:37:22 - oleh : admin
Rating: 4.5/10 (34 votes cast)
Share |

MONITORING KINERJA KEPALA SEKOLAH SMK NEGERI 1 TEJAKULA

Jumat, 2 Nopember 2012 pukul 09.00 Wita, Tim monitoring Bapak Wayan Darma Sweta, S.Pd, M.Pd dan Bapak Drs. Nyoman Sudana, M.Si. melakukan monitoring Kinerja Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tejakula.

Para Guru dan Pegawai berkumpul di ruang guru dan acara dibuka langsung oleh Bapak Wayan Gunastra, S.Pd, M.Pd (Kepala SMK N 1 Tejakula), dalam pidatonya menyatakan kepada para guru dan pegawai agar mengikuti acara monitoring dan apabila dimintai keterangan agar memberikan keterangan seaktual mungkin/tidak dibuat-buat. Dalam acara ini juga dihadiri oleh 2 orang perwakilan dari komite sekolah.

Selanjutnya Bapak Wayan Darma Sweta, S.Pd, M.Pd memberikan penjelasan bahwa sanya monitoring ini bukan semata untuk mencari kesalahan Bapak Kepala Sekolah, namun semua ini dilaksanakan dalam rangka untuk kemajuan SMK N 1 Tejakula. Dalam pidatonya juga mengumumkan bahwa akhir Nopember 2012 akan diadakan monitoring Wakil kepala sekolah dan Desember 2012 akan diadakan monitoring Kepala Program, untuk itu sesegera mungkin untuk dipersiapkan.

Selanjutnya acara monitoring di bagi dua ruangan, Bapak Kepala Sekolah I Wayan Gunastra, S.Pd, M.Pd di ruang Kepala sekolah dengan Bapak Drs. Nyoman Sudana, M.Si untuk mengecek segala administrasi mengenai program kerja Bapak Kepala Sekolah. Untuk itu Bapak Kepala sekolah dibantu oleh para Waka dan Pihak Menejemen.

MONITORING KEP SEK

Sedangkan di ruang Guru, Para guru, pegawai dan 2 orang dari Komite diberikan kertas kosong untuk  memberikan pendapat berupa kelebihan Kepala Sekolah, Kekurangan Kepala Sekolah, Saran Kepada Kepala Sekolah dan Saran Kepada Dinas. Selanjutnya diambil sampel 2 orang dari komite, 2 orang dari pegawai, 2 orang dari guru senior dan 2 orang dari guru yunior untuk menjawab angket yang telah dipersiapkan.

MONITORING KEP SEK

MONITORING KEP SEK

Selesai menjawab angket, kemudian Bapak Wayan Darma Sweta, S.Pd, M.Pd memanggil 2 orang dari Komite untuk diwawancara.

Bapak Wayan menanyakan kepada Komite, apakah setiap ada kegiatan di sekolah dikomunikasi dengan pihak komite dan adakah transparasi mengenai biaya-biaya kegiatan. Bapak Ketut Wirsana (komite) menyatakan setiap kegiatan selalu di komunikasikan dengan pihak komite dan setiap akhir tahun komite selalu diberikan laporan pertanggung jawaban.

Bapak Ketut Wirsana, kagum dengan program-program Bapak Kepala sekolah dan semua program dapat berjalan dengan lancar. Bapak ketut Wirsana juga mengusulkan kepada Dinas agar ada sedikit perhatian kepada Guru kontrak dan guru honor, dimana menurut kaca mata beliau guru kontrak maupun guru honor sudah menunjukkan kinerja yang baik.

MONITORING KEP SEK

Selanjutnya giliran 2 orang siswa diwawancara oleh Bapak Wayan Darma Sweta, S.pd, M.Pd. Bapak wayan menanyakan bagaimana kinerja Bapak Kepala sekolah dan Bagaimana jika beliau dikritik. Kadek Suartama (Siswa kelas XII TKJ 3) menyatakan bahwa Bapak Kepala Sekolah selalu mengadakan trobosan-trobosan untuk kemajuan SMK N 1 Tejakula misalnya apabila kekurangan prasarana maka Bapak Kepala Sekolah segera mengajukan permohonan dengan mengajukan proposal dan untuk kritik Bapak Kepala sekolah sangat terbuka dan bisa menerima kritik dari siapapun juga. 

MONITORING KEP SEK

Kemudian giliran seorang guru yaitu Bapak Made Cerita (koordinator BK) di wawancara oleh Bapak Wayan Darma Sweta, S.Pd, M.Pd. Dalam wawancaranya Bapak Wayan menanyakan pernahkan SPJ disampaikan kepada guru-guru dan Bagaimana jika Bapak Kepala sekolah dikritik. Bapak Made Cerita menyatakan bahwa SPJ selalu disampaikan baik kepada guru-guru mapun pegawai dihadapan rapat dan mengenai kritik Bapak Kepala Sekolah bisa menampung kritik dari siapapun juga.

MONITORING KEP SEK

Terakhir salah seorang Pegawai di wawancara oleh Bapak Wayan Darma Sweta, S.Pd, M.Pd. Dalam wawancaranya Bapak Wayan menanyakan Apakah Bapak Kepala Sekolah transparan mengenai SPJ dan bagaimana kinerja Bapak Kepala Sekolah. Bu Yuli (Pegawai) menyatakan bahwa Bapak Kepala Sekolah selalu transparan mengenai SPJ agar apabila ada pihak luar menanyakan kita bisa jawab dan mengenai kinerja Bapak selalu ada ide-ide untuk kemajuan SMK N 1 Tejakula, contohnya setiap ada sisa dana sesalu dimanfaatkan untuk kepentingan sekolah misalnya perbaikan taman dan lain sebagainya.

MONITORING KEP SEK

Demikianlah pengamatan kami tentang Monitoring Kinerja Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tejakula.

kirim ke teman | versi cetak




Share |

 Berita "Berita Terbaru" Lainnya

Logo